Home » , , , , , , » Ingin Update Rom Miui Tapi Takut Kuota Internet Habis: Ini Cara Gampang Pause Dan Stopnya: Based On Pengalaman

Ingin Update Rom Miui Tapi Takut Kuota Internet Habis: Ini Cara Gampang Pause Dan Stopnya: Based On Pengalaman

Posted by Firmware Tech on Wednesday, March 21, 2018

Tanpa disengaja kau melaksanakan update rom Miui padahal batas kuota malam sudah habis sehingga berisiko menghilangkan kuota internetmu? Padahal proses unduh rom Miui pun sedang berlangsung? Apakah ada suatu cara semoga sanggup mem-pause update rom tersebut. Simak caranya berikut ini!

Ingin Update Rom Miui Tapi Takut Kuota Internet Habis: Ini Cara Praktis Pause dan Stopnya: Based on Pengalaman

Tanpa disengaja kau melaksanakan update rom Miui padahal batas kuota malam sudah habis sehin Ingin Update Rom Miui Tapi Takut Kuota Internet Habis: Ini Cara Praktis Pause dan Stopnya: Based on Pengalaman
Ingin Update Rom Miui Tapi Takut Kuota Internet Habis Ini Cara Praktis Pause dan Stopnya Based on Pengalaman

Yang akan admin bagikan kali ini mungkin sifatnya sepele tapi yakinlah, admin tidak akan membagikan sesuatu yang tidak bermanfaat. Pasalnya ini menurut pengalaman admin Miuitutorial.com sendiri. Walhasil gegara kejadian ini, kuota internet yang sudah admin hemat-hemat malah habis digondol Xiaomi. Nah loch, kok Xiaomi? Iya alasannya yakni admin kebablasan update rom Miui yang besar filenya itu di atas 1 GB.

Admin dan beberapa pengguna Smartphone Xiaomi lainnya niscaya sudah pada tahu jikalau Xiaomi itu yakni salah satu produsen Smartphone yang paling sering kasih update rom untuk Smartphone besutan mereka. Banyak sekali fitur update juga termasuk bug fix yang mereka berikan melalui update rom terbaru.

Bisa dibilang juga Xiaomi cukup sensitif dalam mendapatkan feedback dari penggunanya melalui fitur bug report dan juga lembaga Miui. Yup, sinkronisasi antara Mi Fans dan Xiaomi itu terjalin sangat baik. Bahkan untuk Smartphone Xiaomi seri lawas pun masih tetap mendapatkan update ke rom Miui terbaru. Ini nih salah satu yang menciptakan admin sulit untuk lepas dari Smartphone buatan Xiaomi.

Secara umum di Rom Miui sendiri terbagi menjadi 2 versi yaitu versi developer dan stabil. Pembeda jelasnya yakni jikalau versi developer dikhususkan untuk mereka yang suka hal gres namun berisiko bug. Hal ini masuk akal alasannya yakni rom Miui versi dev ini dikhususkan untuk beta tester, sedangkan untuk versi stabil sendiri lebih ke pengguna biasa alasannya yakni rom yang dibagikan juga rom yang sudah lolos beta tester alias bebas bug atau setidaknya sangat minim bug.

Namun apa pun itu, mau Rom Miui versi developer ataupun versi stabil, keduanya tetap memperlihatkan update secara berkala. Nah besaran file update sendiri bervariasi. Kalau cuma berupa patch bug fix sih paling juga puluhan sampai ratusan mega (biasanya di 200 MB sampai 500 MB) tapi beda dongeng jikalau update tersebut membawa banyak fitur atau mungkin perubahan yang cukup radikal. Maka besaran file update rom Miui juga akan membengkak sebesar 1 GB ke atas.

Buat para pengguna Wifi unlimited di rumah maupun kantor, mungkin urusan update rom Miui ini tidak akan menjadi masalah, alasannya yakni kuota tanpa batas tadi, namun beda dongeng dengan mereka (juga termasuk admin) yang fakir kuota alias cuma mengandalkan kuota kalong. Ini kejadian di admin yang sanggup update pembaruan rom Miui terbaru pas waktu subuh. Karena dirasa masih banyak waktu, jadi admin update saja kemudian tinggal tidur.

Namun ternyata koneksi tidak stabil, walhasil jadi tersendat-sendat. Batas kuota kalong/malam yakni jam 6 pagi dan admin gres sadar pas jam 6.20, proses unduh rom masih berjalan. Nah loch, berarti kini yang digunakan untuk mengupdate rom tersebut yakni kuota reguler. Oalah,.. habis sudah kuota internet admin, pas cek di updater juga tidak ada tombol resume maupun stop. Lantas bagaimana supaya proses update rom tersebut sanggup diinterupsi?

Pada kenyataannya memang tidak ada opsi yang sanggup kau temukan semoga sanggup mem-pause ataupun menghentikan proses update rom melalui updater, namun ternyata proses update ini melalui sebuah aplikasi yang tampaknya jarang kau perhatikan. Ada yang tahu nama aplikasinya? Dia yakni unduhan atau downloader:
1. Ketika proses update rom Miui sedang berjalan dan kau ingin menginterupsinya, entah mau di pause atau di stop
2. Silahkan buka aplikasi berjulukan unduhan atau downloader. Posisi aplikasi ini ada di dalam folder tools atau alat
3. Nanti kau akan mendapati proses download rom Miui tersebut
4. Silahkan kau pilih sendiri, mau di pause atau stop

5. File rom Miui hasil unduhan sendiri berada di folder internal memory/downloaded_rom
Benarkan, sepele sekali sesuatu yang admin bagikan kali ini, tapi kalau sudah di posisi admin yang kuotanya sekarat alasannya yakni kebablasan update rom, gres terasa manfaatnya, hehehe.. Yah itu saja dulu yang sanggup admin bagikan ke kamu. Silahkan berdiskusi via kolom komentar jikalau ada yang kurang dipahami dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam admin Miuitutorial.com


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}