Home » » Koil Avanza, Pengertian, Fungsi, dan Berbagai Permasalahannya

Koil Avanza, Pengertian, Fungsi, dan Berbagai Permasalahannya

Posted by Firmware Tech on Thursday, September 27, 2018

Koil Avanza adalah keliru satu bagian terpenting dari kendaraan beroda empat Avanza Anda. Komponen tadi berpengaruh pada kelancaraan saat berkendara. Pernahkah saat berkendara tiba-datang saja mesin mobil Anda tersendat-sendat? Atau bahkan mangkat ? Atau kendaraan beroda empat susah sekali dihidupkan waktu pagi hari? Anda mungkin dibentuk bingung menggunakan pertarungan tersebut.

Pengertian Koil

Koil adalah komponen penting pada sebuah mobil yang berfungsi sebagai asal pengapian. Koil merubah tegangan accu 12 Volt hingga sebagai ribuan Volt, yg mana selanjutnya akan memantik busi hingga akhirnya terjadilah pengapian.
Fungsi Koil

Fungsi koil pada mobil merupakan buat menaikkan tegangan listrik menurut accu 12 Volt sampai menjadi 20.000 – 30.000 Volt sampai tercipta percikan api dalam busi. Terdapat 2 buah kumparan yakni gulungan primer serta gulungan sekunder pada ignition coil buat mendukung terjadinya peningkatan tegangan tadi.

Permasalahan pada Koil Mobil
Mengingat manfaatnya yg begitu krusial, maka Anda wajib selalu menilik kondisi koil secara rutin. Pastikan kondisi koil avanza Anda permanen dalam syarat prima. Beberapa kerusakan atau kondisi nir normal adalah seperti berikut ini:


Kemampuan mesin mengalami penurunan sebagai akibatnya membuat kendaraan beroda empat berjalan secara tersendat-sendat bahkan mampu mati secara datang-datang. Butuh beberapa waktu agar mobil bisa dihidupkan pulang. Penyebabnya kemungkinan besar merupakan umur mobil. Semakin tua umur kendaraan beroda empat, semakin usang dipakai maka kemampuan mesin pasti menurun.

Saat pagi hari kendaraan beroda empat sulit sekali dihidupkan.

Terdapat titik kebocoran pengapian pada pinggiran terminal koil serta jua terlihat insulator koil yang mengalami keretakan.

Mengecek Koil Mobil
Untuk mengecek taraf kerusakan koil mobil, lakukan hal-hal berikut ini:
Pemeriksaan pada Bagian-Bagian Koil

Cara pemeriksaan koil avanza ini bertujuan buat mengetahui kondisi koil, apakah masih layak digunakan atau nir? Peralatan yang digunakan merupakan multitester. Cara lainnya adalah cek pengapian busi, yakni menggunakan menempelkan kabel koil dalam bodi mesin, lalu starter kendaraan beroda empat Anda. Meskipun terdapat percikan barah, Anda permanen harus mengecek balik menggunakan cara memasang busi. Nah, apabila masih ada percikan api berarti koil pada keadaan mengagumkan. Sebaliknya bila nir masih ada percikan barah berarti koil nir cantik kondisinya (lemah).

Mesin Mobil Susah Hidup
Ketika pada pagi hari tiba-datang mobil susah dihidupkan, atau ketika pada kondisi panas mobil ngadat serta susah dihidupkan kembali, penyebabnya mungkin koil yang sudah melemah sebagai akibatnya nir sanggup berfungsi dengan baik. Solusinya merupakan ganti koil lama dengan koil baru. Atau apabila cara lainnya, Anda mampu mendinginkan koil dengan cara mengelapnya dengan kain basah lima-10 mnt.

Mesin Mobil Tersendat
Terkadang mesin mobil kendaraan beroda empat sanggup saja tersendat (mbrebet). Hal ini terjadi jika terjadi kebocoran dalam koil yg menyebabkan pengapian menadi tidak paripurna serta busi sebagai kekurangan supply daya listrik. Solusi buat kondisi ini adalah tutup koil menggunakan lakban hitam atau Anda mampu menggantinya dengan koil yg baru.

Mobil Boros Bahan Bakar
Mengapa tiba-datang kendaraan beroda empat menjadi boros bahan bakar? Apakah penyebabnya? Hal ini bisa pula disebabkan lantaran syarat koil yang telah lemah (kurang mengagumkan) atau koil yg mengalami kebocoran. Solusinya adalah ganti koil lama dengan koil yang baru.

Timbulnya Percikan Api
Koil yang bocor mampu membahayakan. Bisa-sanggup mobil terbakar. Kebocotan koil umumnya terjadi dalam ujung kabel koil serta selanjutnya sanggup timbul percikan api pada sekeliling koil. Jadi bila terjadi kebocoran dalam koil sebaiknya koil diganti saja. Jika Anda menutupnya memakai lakban, hanya bersifat sementara dan segera saja ganti dengan koil yg baru.
Harga Koil Mobil
Berapa sih harga koil kendaraan beroda empat? Dari keliru satu toko online terpajang harga koil Avanza, Xenia VVTI, Terios, Rush, dan Granmax Toyota adalah 150 ribu. Di loka lain sanggup saja tidak selaras akan tetapi mungkin nir terpaut jauh.

Demikian mengenai Koil Avanza, pengertian, fungsi, dan berbagai permasalahannya. Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}