Home » , , » Cara Cek Keamanan Enkripsi Internet Dari VPN

Cara Cek Keamanan Enkripsi Internet Dari VPN

Posted by Firmware Tech on Monday, June 25, 2018

Cara Cek Keamanan Enkripsi Internet Dari VPN

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips cara untuk mengecek keamanan koneksi internet agan yang sudah dienkripsi oleh VPN.

Virtual Private Network (VPN) memiliki fungsi utama untuk melindungi privasi pengguna dan memberikan keamanan pada datanya. Namun, jika koneksi VPN agan tidak mampu untuk mengenkripsi lalu lintas data agan maka sama saja tidak menggunakan VPN. Untuk melihat layanan VPN terbaik, silahkan agan lihat artikel saya yang berjudul 5 Layanan VPN Terbaik Untuk Keamanan Dan Privasi.

VPN adalah teknologi yang melindungi data pengguna dari penyadap seperti hacker, lembaga pemerintah, dan ISP (penyedia layanan internet). Melalui perlindungan IP dan DNS yang kuat, pengguna akan tetap anonymous saat menjelajah internet.

Alamat IP palsu membantu agan untuk melewati blokiran situs website dan untuk menghindari kemungkinan data agan dilacak oleh pihak ketiga. Sedangkan jika agan menggunakan alamat IP asli tanpa VPN maka pihak ISP bisa mengetahui situs mana saja yang agan kunjungi, dan jika situs tersebut diblokir oleh pihak ISP maka tidak akan bisa agan kunjungi.

Dari sekian banyak VPN, kadang ada beberapa yang belum bisa menutupi identitas kita secara penuh, masih ada kebocoran data. Ada beberapa cara yang bisa agan lakukan untuk mengecek keamanan enkripsi data dari layanan VPN yang agan pakai. Untuk lebih jelasnya silakan agan simak ulasan dibawah ini.

Cara Mengecek Keamanan Enkripsi Internet Dari VPN


Tes keamanan enkripsi VPN dapat dilakukan melalui berbagai alat pengujian untuk memastikan enkripsi VPN berfungsi dengan baik dan aman. Teknik-teknik pengujian yang akan saya bagikan sangatlah sederhana dan dapat dilakukan dengan cepat. Walaupun begitu, cara ini dapat melindungi agan dari pencurian data, penyadap ISP, pengawasan pemerintah dan ancaman cyber.

1. Tes Kebocoran DNS

Untuk menganalisis kebocoran DNS, agan harus mengunjungi situs website DNS Leak Test yang akan memverifikasi masalah kebocoran DNS koneksi agan dalam beberapa detik. Pertama, lakukan pengujian tanpa mengaktifkan koneksi VPN dan catat alamat IP dan detail lokasi agan.

Sekarang, aktifkan layanan VPN agan dan kunjungi situs web ini untuk melakukan tes lagi. Hasil yang ditampilkan harus berisi alamat IP palsu yang diberikan kepada agan oleh penyedia VPN dan lokasi harus diubah sesuai dengan server VPN agan yang terhubung. Jika rincian data agan sebelumnya sama dengan yang menggunakan enkripsi koneksi VPN, itu artinya DNS agan bocor.

2. Tes Alamat IP Torrent P2P

P2P torrent adalah alasan di mana pengguna memilih menggunakan layanan VPN untuk tetap anonymous. Namun perlu dipastikan bahwa enkripsi dari VPN tersebut sudah aman. Oleh karena itu, sangat penting bagi agan untuk melakukan uji P2P IP Address.

IP Leak adalah layananan paling efisien yang dapat memberikan pemeriksaan IP torrent dengan cepat. Pertama-tama, agan harus melakukan unduhan file khusus. Setelah mengunduh, buka dan analisis rincian alamat IP yang ada didalamnya. Jika dalam file ini menampilkan alamat IP dan DNS asli agan, maka enkripsi dari layanan VPN tidak aman. Tidak hanya itu, di laman depan situs ini akan menampilkan IP agan saat ini. Jika IP tersebut adalah IP asli agan berarti VPN yang agan gunakan tidak aman.

3. Tes Alamat IP

Agan bida memeriksa alamat IP agan dengan mengunjungi situs What Is My Ip Adress. Di sini agan akan mendapatkan informasi yang seputar alamat IP dan lokasi dari koneksi VPN agan yang mungkin terdapat kerentanan.

Namun, untuk melakukan tes alamat IP yang lebih luas, agan bisa mengunjungi Mr. WHOER. Tool ini akan membantu agan untuk menganalisis kinerja VPN agan pada Java dan Flash yang akan mendeteksi apakah informasi IP dan DNS agan aman atau bocor.

Sekian pembahasan singkat tentang cara untuk mengecek keamanan koneksi internet agan yang sudah dienkripsi oleh VPN.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}