Home » , , , » Beginilah Cara Install Dan Setting Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10. Lengkap

Beginilah Cara Install Dan Setting Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10. Lengkap

Posted by Firmware Tech on Tuesday, September 25, 2018

Kali ini saya akan menaruh tutorial lengkap tentang panduan dan bagaimana cara memasang Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10. Dan Bagaimana cara setting path environment sebagai akibatnya Java SE Development kit (JDK) sanggup berjalan dengan paripurna dalam komputer Windows 10 anda.

Java SE Development kit (JDK) adalah sebuah aplikasi fungsi yg dipakai dalam bahasa pemrograman Java. Pada dalam Java se development kit masih ada beberapa paket lainnya yg saling berkaitan serta memiliki fungsi sendiri sendiri. Contohnya adalah Java runtime environment. (JRE) serta Java impian machine (JVM). Java se development kit sendiri berfungsi untuk melakukan kompilasi dari kode Java ke dalam barisan bytecote yg mampu dimengerti dan dijalankan sang JRE.

Jika engkau ingin membuat atau membentuk sebuah aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java. Hal ini wajib Anda install Java SE Development kit (JDK) pada personal komputer yang kamu pakai. Beberapa pelaksanaan yg digunakan buat membentuk pelaksanaan dengan bahasa pemrograman Java adalah netbean. Dan juga Android Studio. Buat bisa menggunakan netbean dan Android Studio. Maka anda wajib memasang Java SE Development kit (JDK) dalam personal komputer Windows 10 anda.

Lalu bagaimana cara install Java SE Development kit (JDK) yang baik dan benar pada Windows 10, serta bagaimana cara setting Path environment agar Java dapat berjalan dalam laptop ataupun personal komputer menggunakan Windows 10.

Dalam tutorial ini PC Software akan menaruh panduan spesifik buat yg melakukan instalasi Java SE Development kit (JDK), kemudian dilanjutkan dengan tutorial cara setting Path environment Java JDK pada Windows 10. Serta yang paling akhir adalah melakukan pengujian Apakah Java SE Development kit (JDK) telah bisa berjalan dengan baik pada personal komputer Windows 10 anda.

Tutorial lengkap cara instalasi Java SE Development kit (JDK) dalam Windows 10.

1. Langkah pertama Anda harus download terlebih dahulu java JDK. Yg bisa anda download bawah ini. //www.Oracle.Com/technetwork/java/javase/downloads/index.Html

2. Langkah ke 2 sehabis selesai download silakan Klik Kanan arsip Java SE Development kit (JDK) yang telah terselesaikan Anda download tadi, lalu lalu pilih open . Misalnya dalam gambar berikut.


3. Langkah selanjutnya, sesudah page primer proses instalasi tampilan pada layar di bawah ini pada komputer Anda silakan lanjutkan menggunakan melakukan klik dalam tombol NEXT . Seperti dibawah ini.

4. Langkah selanjutnya, Biarkan saja lokasi instalasi tetap dalam kondisi default, serta langsung saja lanjut menggunakan Klik tombol NEXT .

5. Langkah selanjutnya, pada tahap ini anda harus menentukan lokasi JDK buat netbean IDE, silahkan biarkan default saja dan lanjut menggunakan klik dalam tombol NEXT lagi.

6. Langkah selanjutnya, ini merupakan proses buat melalui instalasi, klik saja pada tombol install .

7. Harap tunggu hingga beberapa mnt hingga proses instalasi terselesaikan yang ditandai menggunakan berita tulisan "installation completed successfully" . Lalu klik pada tombol finish buat menutup jendela instalasi atau proses install. Seperti pada gambar pada bawah.


8. Sampai disini Java SE Development kit (JDK) sudah terpasang pada komputer anda, tetapi Java SE Development kit (JDK) belum sanggup dijalankan, lantaran belum terdapat konfigurasi sebagai akibatnya sama sekali belum sanggup digunakan buat membangun atau digunakan menciptakan aplikasi.

Lalu bagaimana cara melakukan setting atau konfigurasi part Java SE Development kit (JDK) dalam Windows 10. Silahkan simak tutorial berikut adalah.

Tutorial cara mengatur JAVA_HOME data lokasi Path Java environment pada Windows 10.

1. Langkah yang paling primer, Silahkan buka sistem Adventure setting menggunakan cara, tekan tombol Windows + S buat membuka pencarian. Lalu pada Kolom pencarian silakan ketik goresan pena Sysinfo , kemudian pilih atau klik dalam pilihan sistem yang akan ditampilkan pada layar output pencarian. Misalnya dibawah ini.

2. Dalam langkah ini anda sudah berhasil masuk ke page sistem, lanjut klik dalam goresan pena Advanced System settings . Sehingga terbuka page system properties . Misalnya dalam gambar berikut.

3. Pada laman ini silakan klik dalam tombol environment variables. Sebagai akibatnya tampilan page environment variables.

4. Pada layar sistem variabels, lanjut klik pada tombol new. Lalu isikan nama variabel dengan tulisan Java home. Dalam kolom variable value. Silakan isikan lokasi pada mana java JDK Anda terpasang, Anda bisa pribadi klik pada tombol browse buat langsung menuju ke lokasi default. Yg berada dalam lokasi C:Program FilesJavaJDK1.8.0_171 . Setelah terselesaikan silahkan klik dalam tombol Ok untuk menyimpannya. Misalnya gambar berikut.


di atas merupakan langkah melakukan konfigurasi lokasi atau path Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10 telah terselesaikan. Namun hingga pada langkah ini rupanya belum selesai sepenuhnya serta Anda wajib melakukan satu langkah konfigurasi lagi yaitu melakukan update sistem path.

Cara update sistem path Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10.

Langkah yang pertama, pada halaman environment variable, silahkan klik dalam baris tulisan path , lalu klik dalam tombol edit . Sebagai akibatnya tampilan laman baru yg bernama edit environment variable. Contoh seperti gambar berikut.


Langkah selanjutnya pada page edit environment variable, silahkan klik dalam tombol new , lalu masuk lokasi pemasangan JDK dalam personal komputer Windows 10 anda. Secara default lokasinya berada dalam C:Program FilesJavajdk.18.0_171bin . Setelah terselesaikan silakan klik pada tombol Ok buat menyimpan nya.


Selesai.

Agar konfigurasi setting environment Java pada komputer Windows 10 anda sudah diterapkan serta bisa dijalankan menggunakan sempurna, silakan lakukan ribut pada komputer anda.

Setelah anda terselesaikan melakukan reboot dalam personal komputer anda langkah selanjutnya yaitu melakukan test atau pengujian Apakah konfigurasi yg telah kita lakukan tersebut berhasil atau belum.

Cara tes melakukan pengujian output konfigurasi Java SE Development kit (JDK) dalam Windows 10.

Langkah pertama buka halaman comanpromat (CMD), menggunakan cara tekan tombol Windows + R lalu ketikkan goresan pena cmd . Tekan enter.

Setelah page command prompt terbuka, silahkan ketikan perintah javac-version , kemudian tekan enter .

Jika Java SE Development kit (JDK) telah berhasil terkonfigurasi dengan sahih maka anda akan melihat keterangan dalam layar Javac yang terpasang dalam komputer anda. Contoh seperti dalam gambar berikut.

Selesai.

Itulah langkah-langkah mengenai bagaimana cara melakukan instalasi JDK sampai melakukan setting serta konfigurasi environment dalam Windows 10. Menggunakan terpasangnya Java SE Development kit (JDK) dalam personal komputer Windows 10 maka anda mampu langsung melanjutkan apa yg ingin anda lakukan terkait acara tadi. Baik itu buat pemrograman Java desktop ataupun Java Android studio buat membentuk pelaksanaan Android.

Mungkin hanya itu tutorial yg bisa saya tulis Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}