Home » » Penyebab Suara TV Hilang dan Cara Mengatasinya Tehnisikecil.com

Penyebab Suara TV Hilang dan Cara Mengatasinya Tehnisikecil.com

Posted by Firmware Tech on Thursday, September 27, 2018

Penyebab Suara TV Hilang serta Cara Mengatasinya – Masih seputar TV. Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali jenis kerusakan TV mulai menurut tewas total, gambar nir mampu jernih, nir bisa menangkap siaran, ada garis vertikal maupun horizontal, hingga dengan TV tidak mau memunculkan suara.

Masing-masing kasus atau kerusakan yg dialami TV tadi tentu wajib ditangani dengan cara yg bhineka. Pada kesempatan kali ini belajarelektronika.Net akan mengajak anda semuanya buat melihat berita tentang penyebab bunyi TV hilang serta bagaimana cara mengatasinya.

Kerusakan hilangnya suara TV ini bisa saja terjadi di berbagai jenis TV mulai dari TV tabung, LCD, juga LED. Sedangkan merknya pun bermacam-macam. Bisa terjadi pada TV merk LG, Samsung, Sony, Toshiba, Sharp, Phillips, Polytron, atau bahkan TV merk China seperti Changhong, Akari, Sakura, dan lain sebagainya.

Penyebab Suara TV Hilang

TV yg suaranya hilang atau tidak timbul bisa ditimbulkan oleh beberapa hal. Beberapa diantaranya adalah lantaran terjadi kerusakan atau perkara pada sistem loudspeaker seperti putusnya kumparan speaker. Selain itu bunyi TV yang hilang jua mampu ditimbulkan lantaran terdapat kerusakan dalam IC power, meskipun buat yg satu ini jarang terjadi.

Hilangnya suara speaker televisi jua bisa ditimbulkan lantaran perubahan pada catu daya IC suara dampak beberapa perkara seperti dioda yg putus atau bocor, penahan yang putus, ataupun jalur PCB yg tidak tersambung paripurna. Apabila yang rusak sistem loadspeakernya, anda hanya perlu merubahnya dengan speaker baru.

Cara Memperbaiki Suara TV Hilang

Apabila kerusakan terjadi pada bagian lain, anda perlu melakukan diagnosa sebelum memulai termin perbaikan. Oke, berikut adalah step by step bagaimana cara memperbaiki TV yg hilang suaranya. Silahkan lakukan step by step tersebut buat memperbaiki TV anda yg tidak mampu memunculkan suara.

1. Periksa Input TV

Sebelum anda mulai membuka casing TV, pastikan dulu input TV telah pada keadaan normal. Jangan sampai kondisi TV anda pada keadaan mute. Cara mengembalikan TV agar tidak mute bisa menggunakan memakai remote atau bisa jua menggunakan tombol yg anda pada TV. Tinggal pencet saja tombol mute atau tombol volume up.

2. Cek Tegangan pada Jalur Audio


Langkah selanjutnya silahkan bongkar casing TV anda dan periksa tegangan yang ada di jalur audio. Biasanya tegangan normal yg terdapat di jalur audio berkisar antara 12 sampai dengan 15 volt DC. Jika tegangan nir ada sama sekali, kurang atau lebih dari batas tegangan tadi, kemungkinan ada kerusakan dalam power ataupun komponen sekitar.

3. Periksa IC Control serta Audio

Jika langkah ke 2 sudah anda lakukan namun kondisinya baik-baik saja, anda bisa mencoba mempelajari IC control serta IC audio. Biasanya kerusakan yg menyebabkan TV tidak memunculkan bunyi berada pada kedua komponen tersebut. Untuk memeriksanya anda cukup menyentuhnya, dan amati apakah ada respon atau tidak. Apabila terjadi kerusakan, mampu pribadi ganti IC nya.

4. Cek Loudspeaker


Setelah anda melakukan pengecekan terhadap tiga bagian tersebut, namun semuanya normal. Kemungkinan kerusakan terjadi dalam sistem loadspeaker. Oleh karena itu silahkan ganti hardware loadspeaker yg rusak menggunakan yang baru. Dijamin TV anda akan sanggup memunculkan suara kembali.

Bagaimana, relatif gampang bukan terutama bagi pemula? Semoga warta singkat tentang penyebab suara TV hilang dan cara mengatasinya tadi bisa memberkan manfaat bagi para pembaca semua , utamanya yg sedang mengalami kasus serupa. Cara ini bisa diaplikasikan baik pada TV tabung, plasma, LCD, maupun LED.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}