Home » » Fungsi Kiprok Pada Sepeda Motor dan Cara Membuatnya (Tehhnisikecil.com)

Fungsi Kiprok Pada Sepeda Motor dan Cara Membuatnya (Tehhnisikecil.com)

Posted by Firmware Tech on Wednesday, September 26, 2018

Fungsi Kiprok Pada Sepeda Motor dan Cara Membuatnya – Siapa bilang tunggangan misalnya sepeda motor nir terdapat hubungannya dengan elektro dan kelistrikan? Perlu anda ketahui bahwa dalam sepeda motor tidak hanya terdapat mesin dan indera-alat mekanik, tetapi jua terdapat sistem elektronika serta kelistrikan.

Jika tidak percaya, silahkan anda bongkar sepeda motor. Di dalamnya niscaya anda menemukan sebuah accu alias aki. Ya, accu tersebut merupakan sumber energi listrik dalam sepeda motor. Energi listrik yg dihasilkan oleh accu tersebut merupakan listrik DC yang dipakai sebagai supply buat menyalakan part yang membutuhkan listrik misalnya lampu, klakson, dan lain-lain.

Selain aki, terdapat banyak sekali part atau bagian pada sepeda motor yg berkaitan dengan global elektronika serta kelistrikan. Salah satunya merupakan kiprok. Mungkin sebagian dari anda telah pernah mendengar istilah kiprok. Tetapi tahukah anda apa itu kiprok, serta fungsunya buat apa? Oke, yuk kita cari tahu beserta.

Fungsi Kiprok Pada Sepeda Motor


Kiprok adalah komponen pada sepeda motor yg berfungsi menjadi penyearah arus menurut generator atau dinamo sepeda motor. Fungsi kiprok ini mirip-mirip seperti fungsi dioda dalam rangkaian power supply. Dalam sebuah kiprok, terdapat beberapa komponen elektronik yang dirangkai menjadi satu.

Perlu anda ketahui bahwa kiprok memiliki ampere yang akbar karena bertugas menyalurkan tegangan AC berdasarkan generator serta mengubahnya menjadi tegangan DC, yang lalu diteruskan buat mengisi accu. Tak heran apabila seringkali kita jumpai kiprok yg rusak mengakibatkan perkara pada accu karena proses pengisian ulang nir bekerja dengan benar.

Cara Membuat Kiprok Sendiri

Saat kiprok sepeda motor telah rusak, tentu kita wajib merubahnya menggunakan kiprok yg baru. Bagi sebagian orang, harga kiprok sepeda motor masih cukup mahal. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini belajarelektronika.Net akan mengembangkan tutorial cara membuat kiprok sepeda motor sendiri.

Ya, misalnya yg sudah kami katakan sebelumnya bahwa pada sebuah kiprok terdapat beberapa komponen elektronik. Kita bisa merangkai komponen tersebut menjadi kiprok yang siap pakai. Ternyata skema rangkaian kiprok sepeda motor tidaklah serumit yg kita duga. Jika anda ingin memahami, silahkan lihat gambar pada bawah ini.

Bagaimana, sangat praktis bukan? Sedikit berita tambahan, jika anda menginginkan hasil kiprok yang lebih rupawan, disarankan untuk menambahkan IC LM 2018 supaya output tegangan jadi lebih stabil. Selain itu anda pula bisa menambahkan sebuah elco buat filter supaya lebih mantap.

Oke demikian keterangan singkat mengenai fungsi kiprok sepeda motor dan cara mengolahnya sendiri . Semoga liputan singkat yg kami bagikan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca seluruh. Jangan lupa share supaya orang-orang jua tahu dan mampu mencobanya. Sampai jumpa.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}