Home » » Pengertian NFC, Fungsi NFC, dan Perbedaan NFC dengan Bluetooth Tehnisikecil.com

Pengertian NFC, Fungsi NFC, dan Perbedaan NFC dengan Bluetooth Tehnisikecil.com

Posted by Firmware Tech on Thursday, September 27, 2018

Kemajuan teknologi dizaman kini ini telah nir sanggup kita bendung lagi, semakin hari selalu terdapat perkembangan pada bidang teknologi. Makin berkembangnya teknologi, kita makin dimudahkan dalam melakukan banyak sekali hal. Kemudahan itu terdapat pada hampir seluruh bidang misalnya membayar kuliner serta transportasi, menyebarkan dokumen, mempermudah mengerjakan tugas, serta kemudahan-kemudahan lainnya.

Tetapi buat merasakan kemudahan-kemudahan itu diharapkan sebuah cara atau pun donasi dari sebuah aplikasi. Contohnya waktu kita ingin menyebarkan file menggunakan sahabat kita memakai bluetooth atau menggunakan apliaksi buat transfer arsip yang lain seperti Share it dan pelaksanaan-pelaksanaan lain yang homogen. Selain memakai bluetooth kalian jua mampu memakai NFC buat mentransfer arsip lho.


Bluetooth adalah media trasfer data yg sudah nir asing lagi di teling kita, tetapi NFC beda lagi. Belum poly orang yg mengetahui mengenai NFC, padahal cara kerja NFC hampir sama seperti cara kerja bluetooth dan aplikasi-aplikasi buat transfer arsip yang lain. NFC ini sudah poly sekali digunakan di negara-negara maju. Oleh sebeb itu kita harus mencoba mencotohnya dan mulai menggunakan NFC, sebelum menggunakannya kalian harus memahami terlebih dahulu mengenai NFC. Di kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai komunikasi jeda pendek NFC yaitu pengertian, fungsi, serta disparitas NFC menggunakan Bluetooth.
Pengertian menurut NFC

NFC merupakan sebuah kependekan menurut Near Field Communication, lebih seringkali diklaim dengan NFC lantaran lebih singkat. NFC mempunyai kegunaan yang lebih banyak dibandingkan bluetooth, selain bisa digunakan untuk mengirim arsip NFC juga mampu digunakan buat indera pembayaran lho!. NFC bisa diartikan menjadi sebuah komunikasi tanpa kabel (wireless) jeda pendek. Jangakauan berdasarkan NFC sangatlah pendek, lebih pendek menurut gelombang frekuwensi operator, prisnsip kerja dari NFC sama misalnya bluetooth.


Komunikasi dalam NFC memakai medan termodulasi, tetapi gelombang tadi bukan dari menurut gelombang elektromagnetik radio. NFC magnetis ini memiliki sifat yg spesifik yaitu dapat menembus sebuah konduktor serta bisa mengembalikan gelombang radio. Jangkauan berdasarkan NFC sangalah pendek hanya beberapa centimeter meter saja, hal ini berbeda menggunakan bluetooth yang jankauannya hingga 10 meter.

Karena jangkauannya yg sangat pendek maka akan sulit jika menggunakan NFC ini secara membisu-membisu. Dengan memakai NFC serta menghubungkannya dengan ponsel lain, maka itu berarti semua liputan tentang perangkat ponsel kalian akan terbuka serta sanggup diakses. Oleh karena itu, kalian wajib hati-hati ketika menggunakan NFC, kalian wajib benar-sahih mengatur konfigurasinya sebelum mengaktifkan NFC ini.

Dalam NFC terdapat kata NFC tag, NFC tag merupakan sebuah penghubung antar 2 device yang memakai NFC dan fitur-fitur yang disediakan.Menggunakan menggunakan NFC kalian bisa mengendalikan berbagai fungsi ponsel kalian secara otomatis menggunakan hanya sekali tap memakai NFC yg sebelumnya telah diprogram.

Misalnya menggunakan menggunakan NFC yang sudah diprogram, kalian dapat masuk ke pada sebuah aplikasi pada ponsel, lalu mengaktifkan bluetooth, mengatur alrm, menyesuaikan volume, dan lain-lain tanpa perlu menyalakan atau pun menyentuh tampilan ponsel dari menu ponsel terlebih dahulu. Sudah paham apa itu NFC? Selanjutnya ayo kita belajar tentang fungsi berdasarkan NFC ini.

Apa sih Fungsi NFC?
Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, selain sanggup dipakai buat mengembangkan file seperti dokumen, NFC pula mempunyai beberapa fungsi yg lain. Apa saja fungsi itu? Silahkan kalian simak beberapa fungsi NFC berikut adalah.

1. Melakukan Pembayaran
Pembayaran menggunakan memakai e-money telah semakin terkenal pada Indoensia, pembayaran dengan menggunakan metode ini sangat terkenal terlebih lagi pada kota-kota besar . Pembayaran memakai e-money ini menggunakan prinsip yang sama dengan NFC. Kalian tinggal menekan tombol ke mesin pembayaran, maka secara otomatis saldo pada kartu kalian akan berkurang . Jadi kalian nir perlu repot-repot menggunakan uang tunai kartu kredit ataupun kartu debit.

Selain NFC sudah mulai populer pada Indonesia, pembayaran yang menggunakan prinsip mirip seperti NFC ini pula cukup terkenal pada negara Australia. Contohnya, apabila kalian ingin membeli sesuatu, kalian nir perlu menggunakan uang tunai dalam bentuk fisik. Kalian tinggal membuka smartphone kalian kemudian membuka pelaksanaan buat memesan makanan yg kalian inginkan, kalian jua bisa eksklusif melakukan pembayaran melakukan melalui aplikasi tadi. Praktis kan?

2. Memberitahu Posisi Suatu Tempat
Saat pertama kali NFC diluncurkan, NFC banyak digunakan buat aplikasi check in tempat menggunakan menggunakan sistem Location Based Service (LBS). Dengan ini kalian mampu melakukan check in hanya menggunakan men tap dalam NFC tag yg sudah ada pada loka-tempat tertentu. Pengguuna pula bisa mendapatkan sebuah warta mengenai peta suatu wilayah, jika tersedia.

3. Membuka Aplikasi Secara Otomatis
Maksudnya gimana? Maksdunya pengguna bisa membuka pelaksanaan secara otomatis tanpa ribet. Misalnya kalian ingin membuka resep sebuah kuliner, jika di dinding dapur telah terprogram sebuah NFC tag, maka kalian cukup tap pada NFC tag, kemudian akan pelaksanaan yang memuat resep sebuah kuliner tersebut akan terbuka. Sama halnya waktu menyalakan lampu, menyalakan musik, serta aktivitas lainnya, kalian dapat memanfaatkan NFC ini.

4. Mempermudah Tugas Tertentu
Selain fungsi pada atas, NFC pula mampu diprogram agar bisa melakukan aneka macam macam pekerjaan, pekerjaan ini nantinya akan menjadi lebih gampang serta juga efisien. Misalnya bila kalian ingin mengirim pesan ke seluruh hubungan kalian, maka kalian nir perlu repot-repot mengirimnya satu per satu, kalian dapat memprogramnya sebuah tag agar bisa eksklusif mengirim ke seluruh kontak kalian hanya dengan sekali tap.

Perbedaan NFC dengan Bluetooth
NFC serta bluetooth memiliki prinsip kerja yg hampir sama, yg membedakan antara NFC serta Bluetooth merupakan jarak jangkauannya. Bluetooth dapat bekerja menggunakan jarak jangkauan yaang relatif jauh, sedangkan NFC hanya bisa bekerja dengan jarak jangkauan yg sanagat pendek.

Jika ingin memakai NFC maka kalian harus mendekatkan kedua perangkat yang ingin berkomunikasi sedekat mungkin, paling jauh adalah 10 cm supaya tetap bisa terhubung. Bluetooth bisa terhubung walaupun jaraknya relatif jauh, jarak maksimal bluetooth supaya tetap sanggup terhubung sekitar kurang lebih 10 meter.

Cara Aman Mengaktifkan NFC
Meskipun secara umum komunikasi data memakai NFC terbilang cukup kondusif, namun kita tetap wajib berhati-hati waktu menggunakannya. Jangan sampai ketika kita memakai NFC kita kecolongan fakta-warta yang krusial, oleh karenanya kita permanen wajib berhati-hati. Supaya lebih aman waktu memakai NFC, ikuti langkah-langkah ini dia:
  • 1. Hindari penggunaan NFC secara terus menerus. Aktifkan NFC sesuai kebutuhan kalian saja, misalkan buat bertukar arsip dan data. Setelah kalian terselesaikan pengiriman data tadi, segera matikan NFC kalian, agar nir terdapat pernagkat lain yang mencoba buat mengambil sebuah data dari perangkat kalian. Meskipun kecil kemungkinannya terdapat orang yang merogoh data lantaran wajib dalam jeda yg sangat dekat, hal ini dilakukan buat berjaga-jaga.
  • 2. Kunci PIN. Hal ini dilakukan agar tidak ada orang yg sembarangan mengaktifkan NFC pada perangkat kalian tanpa sepengetahuan kalian. Pasang kunci layar android kalian menggunakan memakai PIN yg hanya diketahui oleh kalian. Jadi apabila ada orang lain yg ingin mengaktifkan NFC ponsel kalian, mereka nir akan mampu karena wajib terdapat pengaman PIN, hanya kalian yg bisa mengaktifkannya.
  • 3. Hindari mendekatkan perangkat kalian ke perangkat lain. Saat kalian sedang menyalakan NFC, alangkah baiknya kalian tidak mendekatkan perangkat kalian dengan perangkat yang lain. Hal ini buat menghindari pencurian data yang tidak kalian inginkan.
Itulah pengertian NFC, fungsi NFC, serta perbedaan NFC dengan Buluetooth. NFC memiliki banyak manfaat yang mampu membantu mempermudah kegiatan kalian sehari-hari misalnya melakukan pembayaran, mengaktifkan pelaksanaan buat melakukan sesuatu, serta banyak sekali macam aktivitas kalian yg lain. Giamana? Sudah paham kan mengenai apa itu NFC?


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}